Skip to main content

03 Agustus 2011


       Alhamdulillah hari ini memasuki ramadhan hari ke tiga, Mudah-mudaha tetap lancar. Soalnya dua hari ini aku mengalami sakit bagian sendi sama tulang belakang terutama daerah pinggul. Belum lagi aku tadi sempat terpeleset dikamar mandi, huh makin tambah nyeri. Tapi mudah-mudahan tidak kenapa-kenapa.
Mulai hari ini aku memutuskan untuk meminum susu ANLENE, semoga aja ada kemajuan. Kan ngga seru, masa punya anak aja blom aku udah 'ostoporosis', dan yang lebih aku takutkan aku takut aku memiliki penyakit semacam asam urat, kolesterol dan penyakit-penyakit yg seperti itu. ih bayangin aja udah serem.
Maka aku cari dan baca-baca artikel kesehatan seperti ini nih :
Kolesterol
Dalam tubuh terdapat lemak terdiri dari kolesterol jahat yang biasa disebut LDL (Low Density Lipoprotein) dimana lemak ini dapat menempel pada pembuluh darah. Sedangkan kolesterol baik yang dikenal dengan HDL (High Density Lipoprotein) merupakan lemak yang dapat melarutkan kandungan LDL dalam tubuh. Kolesterol normal dalam tubuh adalah 160-200 mg, maka penumpukan kandungan LDL harus dicegah agar tetap dalam keadaan normal. Berikut beberapa tips agar Anda dapat mengontrol kolesterol dalam darah.
Tips Mengendalikan Kolesterol
Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mengendalikan kolesterol Anda:
  • Diet
Konsumsi makanan yang rendah lemak dan kolesterol. Misalnya dengan mengkonsumsi susu tanpa lemak dan mengurangi konsumsi daging. Pilihlah makanan dengan kandungan lemak tak jenuh daripada kandungan lemak jenuh. Minyak yang digunakan untuk menggoreng secara berulang-ulang dapat meningkatkan kadar kolesterol, maka ada baiknya Anda mengurangi konsumsi makanan yang digoreng.
  • Konsumsi makanan berserat
Lebih banyak mengkonsumsi makanan berserat seperti gandum, kacang-kacangan, sayur-sayuran dan buah-buahan. Jenis makanan ini dapat menyerap kolesterol yang ada dalam darah dan mengeluarkannya dari tubuh.
  • Konsumsi antioksidan
Antioksidan banyak terdapat dalam buah-buahan seperti jeruk, strawbery, pepaya, wortel, atau labu. Mengkonsumsi bawang putih secara teratur juga dapat menurunkan kadar kolesterol.
  • Hindari alkohol dan merokok
Dengan merokok atau mengkonsumsi alkohol, kolesterol akan mudah menumpuk dalam aliran darah.
  • Olahraga
Berolahraga secara teratur sesuai dengan umur dan kemampuan. Jaga agar berat tubuh Anda tetap ideal.
Soalnya berat tubuhku dah naik 5kg dari berat idealnya. Biarpun cm 5kg, bagi aku tuh dah parah banget mengingat ukuran tubuhku yang super mini. Makanya aku harus lebih hati-hati.
Kemarin aku sama swami coba belanja di MINIMARKET baru di daerah sini, lumayan, aku nemu beberapa bahan masakan yg jarang banget didapatkan disini. Selain kemaren dapat tepung panir, aku juga nemu mustard dan mayones. bahkan ada pasta salad yg udah jadi. juga ada keju yg bisa cair buat masakan goreng ato masakan kukus, Wahh...senengnya...!!
Makanya aku gie gooling resep nihh...dan hasilnya....ini dia...
Salad Kentang Saus Mustard



BAHAN:
1 sdm minyak sayur
3 buah sosis bratwurst *)
500 g kentang, kukus, kupas, potong dadu 2 cm
150 g selada bokor, bersihkan, iris tipis
150 g selada romaine, sobek kasar **)
Saus mustard:
1 sdm mentega tawar
1 sdm bawang bombay, cincang halus
100 ml mayones
1 sdm pasta mustard
1 sdt capers, cincang kasar ***)
1 sdt gula bubuk
¼ sdt merica bubuk
Pelengkap:
Keju cheddar parut

CARA MEMBUAT:
  • Saus mustard: Panaskan wajan, lelehkan mentega. Tumis bawang bombay hingga harum. Angkat.
  • Campurkan bombay tumis dengan mayones, mustard, capers, gula bubuk, garam, dan merica. Aduk rata. Sisihkan.
  • Panaskan wajan steak bergaris. Olesi dengan sedikit minyak. Panggang sosis hingga kecokelatan. Angkat. Potong-potong.
  • Penyajian: Atur daun selada di atas piring saji. Letakkan kentang dan sosis di atasnya. Sajikan dengan saus mustard dan bahan pelengkap.
*) Selada romaine: Sepintas bentuknya mirip sawi putih, daunnya memanjang. Bagian pinggir daunnya berwarna hijau, sedangkan bagian tengahnya berwarna putih dengan tekstur renyah.
**) Bratwurst: Sosis khas Jerman. Diameternya lebih besar daripada sosis biasa.
***) Capers: Acar yang berasal dari tanaman caper yang banyak tumbuh di daerah Mediterania. Dijual dalam kemasan botol kaca di supermarket besar.
Spaghetti Saus Mustard


Bahan :
125 g spaghetti kering, rebus hingga lunak
75 g buncis muda, potong dua, blansir
2 sdm mayones botolan
1 sdm keju Parmesan parut
Saus :
1/2 sdm mentega
10 g bawang Bombay, cincang
1/2 sdm tepung terigu
250 ml susu cair
50 ml krim segar
1 sdt mustard Dijon
1/2 sdt oregano kering
1/2 sdt merica bubuk
1 sdt garam
Cara membuat :
1) Saus : Tumis bawang Bombay hingga layu.
2) Taburi tepung terigu, aduk hingga rata dan agak kecokelatan.
3) Tuangi susu, aduk hingga licin dan mendidih.
4) Tambahkan krim dan bumbu lainnya, aduk rata.
5) Angkat dan dinginkan.
6) Tambahkan mayones dan buncis, aduk rata.
7) Masukkan spaghetti, aduk rata.
8) Taruh di piring saji, taburi merica hitam bubuk.
9) Sajikan segera.
Nih yang lebih simple...
Devilled Egg




Bahan:


250 gr telur ayam, rebus hingga matang
3 sdm mayonaise
3 sdm mustard
1/4 sdt merica bubuk
1/2 sdt garam
daun bawang untuk garnish


Cara Membuat:


1. Rebus telur hingga matang, rendam di dalam air dingin kurang lebih 15 menit, kemudian kupas dan belah menjadi dua bagian


2. Keluarkan kuning telur, campurkan dengan mayonaise, mustard, merica bubuk dan garam. Adoni menjadi satu hingga tercampur rata.


3. Masukkan kembali dengan sendok pada masing-masing belahan telur, tata di atas piring dan permanis dengan garnish

Comments

Popular posts from this blog

TUGAS SENI BUDAYA NAOMI

TUGAS SEKOLAH NAOMI MENYANYIKAN LAGU DAERAH LAHAT, SUMATERA SELATAN "AME HINDU"

DONGENG KUCING DAN TIKUS - TUGAS SEKOLAH NAOMI

TUGAS SEKOLAH NAOMI "MENDONGENG"

16 Agustus 2012

          Hari ini aku seharusnya aku disibukkan dengan persiapan Selamatan 7 Bulananku, tapi saat ini aku malah sedang di jalan tidak tentu arah. Aku lelah... tapi aku tidak tau apa yang harus aku lakukan. Dilema ini begitu berat... Aku mencintai swamiku tapi aku juga mencintai ibukku, aku tidak bisa berani menolak permintaan ibukku tapi juga tidak tega untuk memaksakan sesuatu kepada swamiku. Aaahh.... apa yang harus aku lakukan? aku benar-benar tidak bisa berkonsentrasi, mungkin ini pengaruh dari kehamilanku juga...