Skip to main content

31 Juli 2011

Kemarin  tiba-tiba gw nemu ide buat bikin Steak Tempe, so gw google dehh...tapi nyatanya ngga ada yg sreg. Hanya saja gw nemu tips, yang katanya aroma langu tempe bakal ilang dengan mencampur tempe dengan kentang. So di otak gw nemu ide buat resep sendiri sambil cari resensi resep-resep yang ada sihh..hehehe
Bahan Steak :
  • 2 potongTempe
  • 2 butir kentang
  • Ayam giling (sesukanya)
  • 2 butir bawang putih digerus
  • 1 batang seledri dicincang
  • 1/2 bungkus Masako rasa ayam
  • 2 butir telur
  • 6 butir cabe rawit (aslinya kurang sih cuma tambahin sendiri)
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya

Bahan Saus :
  • 1 bawang Bombay cincang / bawang putih cincang
  • 1 sdm tepung terigu
  • 150 ml air matang 
  • 1 sdm merica (boleh hitam atau putih) gerus kasar
  • 1/2 bungkus masako
  • 1 sdm kecap manis
  • 1 sdm saus tomat
  • gula secukupnya

Cara Olah :

Steak :


  • Kukus tempe dan Kentang, sampe kira-kira kentangnya bisa dihancurkan. kemudian hancurkan tempe dan kentang hingga lembut, kemudian masukkan bahan-bahan seperti ayam cincang, seledri cincang, bawang gerus, cabe rawit yang sudah dihancurkan, 1/2 bungkus masako, garam dan gula.
  • Masukkan telur kocok hingga rata dan bahan menyatu.
  • Setelah itu goreng dengan margarin, dibentuk pipih menyerupai steak. Goreng hingga kuning kecoklatan. Ato bisa juga dipanggang kalo punya alat pemanggang.

Saus :

  • Tumis bawang bombay dan tepung hingga harum.
  • Masukkan kecap, saus tomat, masako, gula dan lada gerus…dan masukkan pula airnya…
  • Aduk hingga rata dan mengental…
Bisa dimakan pake nasi, atau lontong, atau kentang dan sayuran rebus…
Dan pas gw mau coba resep yang di otak gw kaga jadi ..., soale ternyata pas gw cek stock tempe gw dah item gitu...Hahahahha.
Tapi ahirnya nemu resep yang berbeda dalam otak gw. Dan gw kasih nama "Tempe Bakar Kecap" ala Cheft Alim, Ahhay!

Bahan  :

  • 1 potong Tempe
  • aku tambahkan beberapa batang kacang panjang/buncis untuk mempercantik tampilan
  • 1 bungkus Masako rasa ayam
  • 15 butir cabe rawit merah(tergantung selera)
  • minyak untuk menumis secukupnya
  • 1 bawang Bombay /bawang putih cincang
  •  air matang secukupnya
  • 1 sdm merica (boleh hitam atau putih) gerus kasar
  • 1 sdm kecap manis 
  • 1 sdm saus tomat
  • Bawang goreng untuk taburan

Cara Olah :

  • Potong tempe sesuai selera, taruh dipemanggangan. Kalo tidak ada gunakan cara gw kemarin dengan menusuknya dengan tusukan sate dan gw bakar langsung ke api kompor, hahahha. Hingga tercium aroma tempe terbakarnya, hahahaha. karna swamiku suka yang agak gosong-gosong, maka saya bakarlah sedikit gosong, hehehe
  • Masukkan minyak sedikit dalam penggorengan sehingga cukup untuk menumis bawang putih, tumis hingga harum. masukkan masako,kecap, merica dan dan saus. aduk-aduk sebentar kemudian masukkan kacang panjang /buncis hingga layu. Aduk-aduk dan beri sedikit air agar tidak gosong.
  • Masukkan tempe yang telah dipanggang. Kalo ditusuk sate lepaskan dari tusuk satenya.
  • Aduk-aduk hingga sedikit kering, angkat dan hidangkan dengan taburan bawang goreng diatasnya.
Hasilnya kurang lebih seperti gambar dibawah ini

Seperti biasa karna gw udah kaga punya kamera, so kerjaan gw nyomot gambar lewat internet. dan gw coba cari yang gambarannya kurang lebih kayak aslinya.
Dan Alhamdulillah Kandas, hehehe. Seneng rasanya lihat swamiku makan dengan lahapnya karna cocok sama masakannya. Katanya kayak tempe bumbu sate, iya sih sate, tp sate tempe. Hahaha. Love you dah swamiku yang pinter menyenangkan istri, Mmmuach!!

Comments

Popular posts from this blog

TUGAS SENI BUDAYA NAOMI

TUGAS SEKOLAH NAOMI MENYANYIKAN LAGU DAERAH LAHAT, SUMATERA SELATAN "AME HINDU"

DONGENG KUCING DAN TIKUS - TUGAS SEKOLAH NAOMI

TUGAS SEKOLAH NAOMI "MENDONGENG"

16 Agustus 2012

          Hari ini aku seharusnya aku disibukkan dengan persiapan Selamatan 7 Bulananku, tapi saat ini aku malah sedang di jalan tidak tentu arah. Aku lelah... tapi aku tidak tau apa yang harus aku lakukan. Dilema ini begitu berat... Aku mencintai swamiku tapi aku juga mencintai ibukku, aku tidak bisa berani menolak permintaan ibukku tapi juga tidak tega untuk memaksakan sesuatu kepada swamiku. Aaahh.... apa yang harus aku lakukan? aku benar-benar tidak bisa berkonsentrasi, mungkin ini pengaruh dari kehamilanku juga...